Mengelola Keuangan Rumah Makan….

buku -sibukBanyak pengusaha rumah makan yang tidak mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh dari bisnisnya setiap bulan. Bagi mereka selama bisa menutup biaya bulanan usaha, serta membiayai kebutuhan rumah tangga pribadi, itu saja sudah cukup.

Pola pikir tersebut sepenuhnya tidak salah, namun jika menginginkan usaha anda bisa berkembang kian besar sebaiknya mulai sekarang anda harus merubah cara berpikir seperti itu. Bagi yang ingin berbisnis resto, hendaknya mulailah melakukan pengelolaan keuangan usaha yang tepat sehingga pengusaha dapat mengetahui untung ruginya usaha, pendapatan omzet dan laba usaha, pengaturan uang keluar masuk,pencatatan keuangan, dan sebagainya.

Menyusun pembukuan usaha pada awalnya bisa dibuat dengan cara yang cukup sederhana saja, yang dapat dimengerti dan memuat seluruh kalkulasi usaha. Namun yang dapat dikatakan sederhana tersebut tetap saja membutuhkan proses pencatatan yang lama (karena dilakukan secara manual). Berikut kita lihat kelengkapan pembukuan usaha, antara lain :

1.Buku catatan stock barang
Digunakan untuk mencatat barang-barang yang masuk dan keluar. Dengan membuat catatan stock akan diketahui secara jelas jumlah barang mana yang masih tersedia dan jumlah terjual. Pencatatan stok barang didasarkan pada satuan barang yang digunakan.

2.Buku Pemasukan
Adalah buku yang digunakan untuk mencatat hasil penjualan yang sudah dilakukan (pemasukan)

3.Buku Pengeluaran
Buku yang digunakan untuk mencatat biaya-biaya yang sudah dikeluarkan mulai dari biaya sehari-hari, mingguan, hingga bulanan, disertai dengan kuitansi atau bon pembelian.

4.Buku Catatan R/L
Adalah buku catatan yang dibuat untuk menghitung keuntungan atau kerugian yang diperoleh dalam usaha. Biasanya pembukuan ini dapat dibukukan secara mingguan dan bulanan.

Dan jika usaha kian berkembang besar, proses pembukuan tersebut dapat dilakukan secara lebih profesional dengan tambahan pembukuan arus kas (cash flow), neraca rugi laba, dan sebagainya.

Idealnya jika proses pembukuan tersebut dilakukan secara tertib, maka akan diperoleh data keuangan perusahaan yang rapi. Tapi bila posisi bisnis rumah makan anda saat ini tidak lagi kecil, maka bisa dibayangkan betapa susahnya mengelola keuangan perusahaan seperti yang diharapkan. Terlebih tidak ada seorang pun yang terlibat didalamnya mampu menjamin keakuratan data tersebut. Mengingat transaksi yang dilakukan semakin banyak dan beragam.

Inilah alasan mengapa komputerisasi diperlukan dalam mengelola finansial bisnis anda. Dengan menggunakan program akuntansi, data keuangan yang dihasilkan akan benar-benar akurat. Disamping efisiensi waktu dalam bekerja, karena anda ataupun karyawan anda tidak perlu lagi melakukan proses pencatatan akuntansi yang panjang seperti diatas. Selain itu juga pemiliki resto akan lebih cepat mengetahui posisi usahanya, sehingga sewaktu-waktu dapat melakukan evaluasi finansial usahanya.

About these ads

24 responses

    • Biasanya learning by doing bos, atau basa keren nya “ono ne iso jalaran soko kulino” :) , mudah2 an ke depan kita bisa bantu buat postingan mengenai budgeting (yang kami bisa) , tetep semangat and ulet pak .. two thumbs up

  1. Kdang q pusing sma pndapatan usha rm’q gk nntu klo gi rme ya alhmdllh gde jga tpi klo gi spi yaaa krang….dri sisi pnjualn jujur q agk hran tiap hri q yg trjun lngsung buat blnja…..yg q gk ngrti q gk tau brpa jmlah mknn yg udh terjual krna q beli gk lngsung d ptong d tmpat yg ngtur ukuran mknn gede or kcilnya smuanya koki di RM’q….tlong mnta srannya???????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s