Membangun usaha resto, apa yang perlu dilakukan ?

Bisnis rumah makan… kenapa tidak ?
Dalam era ekonomi yang cukup sulit seperti ini bisnis rumah makan masih menjanjikan peluang usaha yang cukup besar.

Ada beberapa alasan kenapa bisnis rumah makan ini sering dijadikan pilihan dalam memulai usaha yaitu antara lain dari sisi konsumen, saat ini makan tidak hanya sekedar menjadi kebutuhan pokok saja, tetapi lebih dari itu makan sudah menjadi kegiatan rekreasi yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang. Bahkan orang rela menempuh jarak yang lumayan jauh ataupun dengan sabar mengantri lama hanya demi menikmati menu masakan yang sudah terkenal enak rasanya.

Dilihat dari sisi pengusaha, disamping karena tergiur oleh margin profit yang cukup tinggi, alasan membuka rumah makan karena biasanya mereka memiliki resep khas warisan keluarga yang mungkin akan disukai karena rasanya enak. Bisa juga karena hobi memasak ataupun memiliki skill yang cukup handal di bidang kuliner.

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam memulai bisnis rumah makan, antara lain pertama tentukan konsep jenis rumah makan yang ingin anda buat, jenis menu makanan yang dihidangkan dimana ini berhubungan dengan segmen pasar yang ingin anda bidik, serta konsep dengan kemampuan anda baik secara fisik, skill maupun modal financial.

Yang kedua adalah strategi marketing yang tepat. Strategi marketing dalam usaha resto bisa dilakukan dengan cara menjaga kualitas produk, pemilihan tempat yang strategis sesuai dengan konsep awal, serta dengan kualitas pelayanan yang baik terhadap konsumen.

Dan yang ketiga adalah penting sekali bagi seorang pengusaha untuk melakukan komputerisasi pencatatan transaksi keuangan sejak awal berjalannya usaha. Memang, bagi usaha-usaha yang berskala kecil dan mikro tidak membutuhkan laporan keuangan secara lengkap dan detil seperti halnya usaha makro. Namun demikian, system pembukuan akuntansi secara benar dan detil tetap harus dilakukan.

Dalam bisnis resto biasanya pengusaha kesulitan dalam mengetahui berapa keuntungan maupun kerugiannya. Yang pertama dan terpenting adalah pisahkan keuangan pribadi anda dengan perusahaan. Jika anda sudah bisa memisahkan jalur keuangan, maka langkah selanjutnya adalah mengkomputerisasi usaha anda.

Banyak orang yang beranggapan komputerisasi adalah biaya, padahal komputerisasi merupakan investasi. Jika usaha kita sudah semakin berkembang, dan transaksi keluar masuk keuangan sudah begitu banyak maka akan semakin sulit buat kita untuk mengetahui arus cash flow (perputaran keluar-masuknya uang) dengan cepat.

Disitulah fungsi komputerisasi akuntansi dibutuhkan. Banyak keuntungan dari penerapan komputerisasi akuntansi pada usaha anda. Dengan komputerisasi system akuntansi pemilik usaha dapat memantau keluar masuknya uang dengan jelas, mengontrol pendapatan dan pengeluaran secara cepat, mengetahui posisi keuangan usaha, serta memiliki dokumentasi perkembangan usahanya secara rapi. Keuangan yang rapi apalagi terkomputerisasi akan semakin meningkatkan kredibilitas pengusaha yang bersangkutan.

2 responses

  1. Akan sangat berguna jika dilampirkan contoh pembukuan nya pak, seperti cara pencatatan modal kerja, pengeluaran untuk pembelian barang2 aset dll. Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s