Data-data Keuangan pada Start Awal Komputerisasi

Pada saat memulai komputerisasi tentunya sebelumnya anda harus berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak implementor data-data apa saja yang dibutuhkan untuk komputerisasi. Pastikan bahwa anda sudah mengumpulkan semua data tersebut sebelum implementasi dilakukan. Penting untuk menyiapkan data tersebut sejak awal, agar proses implementasi komputerisasi tersebut dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan anda.

Kalau begitu data apa saja yang harus dimasukkan pertama kali komputerisasi ?

Dalam postingan kali ini saya akan membahas data apa saja yang diperlukan pada saat start komputerisasi, data-data perusahaan tersebut antara lain :

1. Daftar barang

Yang pertama adalah kumpulkan daftar stock barang. Dalam restoran, daftar persediaan yang dibutuhkan adalah data bahan baku mentah (bahan tahan lama dan tidak tahan lama) serta daftar menu masakan. Cara kerja pembukuan rumah makan adalah untuk membuat suatu menu baru (baca: persediaan baru) pasti akan mengurangi jumlah persediaan yang lain. Karena itu perlu juga untuk memasukkan daftar makanan jadi kedalam list persediaan. Sehingga data stock barang akan selalu terupdate.

2. Hutang

Data hutang-hutang perusahaan secara detil berupa nama pemasok, nominal hutang, jumlah yang sudah dibayar, sisa hutang, beserta tanggal jatuh temponya. Jangan sampai ada yang tertinggal, karena pada saat data-data tersebut telah dimasukkan kedalam program komputer, maka secara otomatis program akan mengingatkan anda jika ada hutang yang telah jatuh tempo, dengan memunculkan warning ada hutang yang harus dibayar hari ini, pada saat pertama kali program dibuka. Komputerisasi dimaksudkan untuk mengontrol agar jangan sampai hutang perusahaan terlalu tinggi.

3. Piutang

Data piutang yang harus tersedia berupa nama pelanggan yang berhutang dan batas kreditnya, jumlah piutang, jumlah pembayaran, jumlah sisa piutang, serta tanggal jatuh temponya, baik itu piutang usaha maupun piutang karyawan. Sama seperti pada hutang, program komputer juga akan memberi peringatan ada piutang yang telah jatuh tempo pada harinya. Sehingga dengan komputerisasi, maka anda tidak akan terlewat data piutang yang belum tertagih. Selain itu juga untuk mengontrol jangan sampai seorang pelanggan memiliki piutang melebihi limit yang diberikan oleh perusahaan.

4. Buatlah neraca

Dan yang terakhir adalah membuat neraca. Jika data persediaan, hutang dan piutang sudah dimasukkan maka data terakhir yang dibutuhkan adalah data neraca. Lalu apa saja data neraca itu?

Data neraca itu antara lain adalah data aktiva berupa jumlah kas perusahaan, cheque/BG, bank, piutang, serta persediaan. Kemudian ada data hutang, dan modal. Untuk data persediaan, piutang dan hutang akan secara otomatis tersusun dalam neraca pada saat data-data itu dimasukkan. Sedangkan untuk data kas, bank dan modal bisa anda input secara langsung pada menu isi jurnal. Tentu saja dalam hal ini anda harus hafal perkiraan yang digunakan, sehingga tidak ada kesalahan dalam neraca. Atau jika tidak yakin dengan mengisi jurnal secara langsung, anda bisa memilih menu kas bank dalam memasukkannya. Demikian juga dengan data bank, pertama buat dulu daftar nama bank nya. Kemudian masukkan jumlah nominalnya pada menu transaksi kas dan bank. Sementara cheque/BG bisa diisikan melalui menu isi BG pada menu kas-bank-BG.

Nah, uraian diatas hanya sekilas dari langkah awal dalam mengkomputerisasi usaha. Yang sangat penting dalam memulai komputerisasi adalah niat yang kuat dalam melakukannya. Karena mengawali komputerisasi memang bukan pekerjaan instan yang bisa langsung berjalan lancar, perlu konsistensi dalam mengerjakannya secara bertahap..

2 responses

  1. sy, pemilik perusahaaan resto yang sy kelola secara manual selama 10 th,repot dan melelahkan ………….tapi sy bingung kepada siapa dan bagaimana memulainya,,,mohon saran dong!!!!!!!!!!

    • Mr. Black ….

      Jika ingin sharing bisa menghubungi saya di 081808699969 … saya juga ada planing untuk membuka resto …. barangkali kita bisa saling belajar …..

      Terima kasih,
      Salam
      Handri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s